Hukum memakai ikat pinggang yang terbuat dari kulit ular, harimau, buaya dll
Aksesoris semacam Tas, ikat pinggang, dompet dll, sekarang sudah banyak ragam dan bahannya. Dari sekian bahan yang akan dibuat sebagai produk banyak diantaranya yang terbuat dari kulit-kulit binatang yang haram dimakan maupun hewan yang mati tanpa disembelih (bangkai). Dari tangan-tangan kreatifit si pembuat maka bahan-bahan tersebut disulap menjadi produk-produk yang cantik dan unik serta berkualitas tinggi, sehingga banyak orang yang ingin sekali memilikinya.
Pertanyaan :
Bagaimana hukumnya memakai sabuk/ikat pinggang yang terbuat dari kulit ular, macan, buaya, dan hewan yang mati tanpa disembelih?
Bagaimana hukumnya memakai sabuk/ikat pinggang yang terbuat dari kulit ular, macan, buaya, dan hewan yang mati tanpa disembelih?
Jawaban :
Boleh bila kulit hewan tersebut sudah disamak.Referensi :
- Fathu al qorib hal 4
- Al bajuri juz 1, hal 37
- Al iqna' juz 1, hal 24
جلود الميتة كلها تطهر بالدباغ سواء في ذلك ميتة مأكول اللحم وغيره وكـيفية الدبغ ان ينزع فضول الجلد مما يعفنه من دم ونحوه بشيئ حريف كعصف ولو كان الحريف نجسا كذرق حمام كفى في الدبغ
وخرج بالجلود غيرها كالشعر فلا يطهر بالدبغ على المعتمد لكن عن قليله وقيل يطهر تبعا وان لم يتأثر بالدبغ كدن الخمر فانه يطهر تبعا لها ورد بان الدن يطهر تبعا للضرورة لانه لو لم يطهر لنجس الخل ولا ضرورة الى طهارة الشعر
جلود الحيونات الميتة كلها تطهر ظاهرا وباطنا بالدباغ ولو بالقاء الدابغ بنحو ريح او بالقائه على الدابغ كذلك لقوله صلى الله عليه وسلم : ايما اهاب دبغ فقد طهر (رواه مسلم) وفي رواية هلا اخذتم إهابها فدبغتموه فانتفعتم به والظاهر ما لاقى الدابغ والباطن ما لم يلاق الدابغ ولا فرق في الميتة بين ان تكون مإكولة اللحم ام لا كما يقتضيه عموم الحديث. والدبغ نزع فضوله وهي مائيته ورطوبته التي يفسده بقائها ويطيبه نزعها بحيث لو تقع في الماء لم يعد اليه النتن والفساد.
وخرج بالجلود غيرها كالشعر فلا يطهر بالدبغ على المعتمد لكن عن قليله وقيل يطهر تبعا وان لم يتأثر بالدبغ كدن الخمر فانه يطهر تبعا لها ورد بان الدن يطهر تبعا للضرورة لانه لو لم يطهر لنجس الخل ولا ضرورة الى طهارة الشعر
جلود الحيونات الميتة كلها تطهر ظاهرا وباطنا بالدباغ ولو بالقاء الدابغ بنحو ريح او بالقائه على الدابغ كذلك لقوله صلى الله عليه وسلم : ايما اهاب دبغ فقد طهر (رواه مسلم) وفي رواية هلا اخذتم إهابها فدبغتموه فانتفعتم به والظاهر ما لاقى الدابغ والباطن ما لم يلاق الدابغ ولا فرق في الميتة بين ان تكون مإكولة اللحم ام لا كما يقتضيه عموم الحديث. والدبغ نزع فضوله وهي مائيته ورطوبته التي يفسده بقائها ويطيبه نزعها بحيث لو تقع في الماء لم يعد اليه النتن والفساد.
Ket : Hasil keputusan LBM Syuriah NU Cabang Rembang tanggal 21 Februari 2017
0 Response to "Hukum memakai ikat pinggang yang terbuat dari kulit ular, harimau, buaya dll"
Posting Komentar